Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web

INVESTASI TAK TERNILAI

Tantangan Hari ke-57

19 Juni 2020

Tantangan Gurusiana# Tantangan Menulis Hari ke-57

INVESTASI TAK TERNILAI

Hari Kamis malam, saatnya aku melaporkan juz Al-Qur’an yang menjadi bagian bacaanku. Kewajiban itu merupakan kebiasaan di madrasah tempat aku mengajar. Ini adalah program PKM Humasy bahwa setiap satu minggu ada program khatam Al-Qur’an. Sebagai wanita, tentu saja wajar jika saya juga mengalami uzur syar’i. Kamis siang, tamu tak diundang datang. Aku kepikiran untuk mencari ganti teman guru yang membacakan bagianku. Aku berpikir sejenak untuk menentukan teman guru yang berkenan. Namun tiba-tiba aku tersadar kalau dua anakku sudah lancar mengaji. Aku pun meminta tolong kepada mereka.

Segera kusampaikan maksud hati kepada sulungku. Kebetulan dia di rumah karena locdown. Tadinya dia mondok di sebuah pesantren. Aku sampaikan kepadanya untuk menggantikanku membaca Al-Qur’an. Dia langsung mengiyakan. Betapa sejuk hati ini mendengarkan jawabannya. Kutawarkan kepadanya untuk membagi membaca dengan adiknya. Aku pun memanggil bungsuku untuk membantu kakaknya membaca.kalamullah tersebut. Bungsuku malah lebih dari kakaknya. Dia sangat bersemangat. Karena semangatnya dia yang membagi batasan yang dibaca.

Saat Maghrib tiba. Sementara suami dan kedua anakku berangkat ke masjid, aku menyiapkan makan malam. Tidak berapa lama kudengar salam dari luar. Siapa lagi kalau bukan si Bungsu dengan suara nyaringnya. Ia menyampaikan bahwa ayahnya masih di masjid. Kemudian ia mengambil Al-Qur’an dan segera membacanya tanpa menunggu kedatangan kakaknya. Dari dapur kuamati perilakunya. Bersyukur sekali atas pemandangan yang sangat membahagiakan. Lantunan kalam ilahi dari lisan bungsuku sangat syahdu. Tak berapa lama. Suara salam dengan suara besar bernada rendah. Dialah sulungku. Sama dengan adiknya. Dia mengambil Al-Qur’an lalu membacanya bagian yang sudah diberitahu adiknya tadi. Lantunan gema Ilahi semakin menambah suasana bahagia di rumahku. Terbesit dalam ingatanku sebuah wacana yang mengungkapkan bahwa anak adalah investasi yang luar biasa baik saat di dunia maupun di akhirat. Malam ini aku telah membuktikannya. Aku tersenyum dan bersyukur atas investasi yang tiada ternilai ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post