Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMBELAJARAN VC PERDANA

Tantangan Hari ke-91

23 Juli  2020

Tantangan Gurusiana # Tantangan Menulis Hari ke-91

 

PEMBELAJARAN  VC PERDANA

            Pembelajaran daring semakin familiar bagi pelaku dunia pendidikan. Demikian halnya dengan siswa MTsN 5 Jombang. Berawal dengan berbagai bayangan kesulitan dan hambatan dalam aplikasi pembelajaran E-Learning, sedikit demi sedikit berubah menjadi New Normal sesuai kondisi yang tak bisa dipastikan kapan berakhirnya.

 

            Pagi ini, Kamis (23 Juli 2020), penulis melaksanakan aktivitas WFH (Work for Home). Kegiatan mengajar pun penulis lakukan di rumah. Hal  pertama yang dilakukan penulis ialah mengisi daftar hadir di aplikasi E-Learning. Sebelum pukul tujuh para guru sudah bisa melakukannya.

            Selanjutnya penulis melakukan pembelajaran sesuai jadwal mengajar. Hari ini penulis mengisi materi di kelas 9-G. Agendanya mulai jam pertama hingga jam keenam. Adapun waktunya sejak pukul tujuh pagi hingga setengah dua belas siang.

            Sejak mengisi daftar hadir, layar laptop sudah siap. Penulis pun mengirimkan kode server kepada grup kelas 9-G khusus mata pelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya meminta tolong guru wali kelas untuk memberikan kode masuk  e-Learning mereka.

                Berawal dari percakapan di grup WA, penulis menyampaikan salam pembuka, mengingatkan para siswa untuk mengisi daftar hadir, dan segera aktif menyimak di konten E-Learning. Kegiatan pembelajaran pun berjalan seolah kegiatan tatap muka. Mulai dari kegiatan pembuka , kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Mulai dari persiapan bahan ajar, penentuan KI KD, KKM,RPP, hingga evaluasi.

            Seiring dengan pelaksanaan kegiatan daring, ada informasi dari Bu Widya, selaku penanggung jawab server madrasah, bahwa ada konten (VC) Video Conference. Hal ini sangat menarik. Penulis pun segera menginformasikan kepada siswa kelas 9-G. Sambil menunggu konfirmasi, para siswa penulis arahkan untuk meng uploud tugas.Hingga akhirnya aplikasi VC perdana ini bisa disambungkan walau dengan proses yang sangat lambat.

            Saat sudah sambung, para siswa sangat antusias. Di layar komputer, terlihat wajah-wajah  mereka yang sangat ceria. Seolah ada perasaan ingin tahu yang besar pada diri mereka. Sayangnya penggunaan media ini tidak maksimal. Sinyalnya putus nyambung. Tampilan gambar para siswa sebentar mnucul, sebentar hilang. Server seolah masih harus dibenahi.  Akhirnya penulis pun mengakhiri pemanfaatan VC ini. Penulis beralih ke timeline kelas.

            Penulis menyampaikan bahwa setiap siswa wajib mengikuti perkembangan zaman. Termasuk penggunaan IT yang barusan mereka lakukan. Suatu saat dunia pasti akan berubah. Akan bisa bertahan bagi yang menguasai. Sebaliknya akan tersingkir bagi yang tidak berkembang.   Pesan ini rupanya dicamkan oleh mereka. Hal ini terbukti dengan keaktifan mereka dalam mengikuti pembelajaran dengan baik. Selain itu juga sikap antusias mereka dalam menguploud tugas yang diberikan penulis.

            Saat jam berakhir, penulis pun memberikan motivasi kepada para siswa bahwa untuk pertemuan selanjutnya pihak madrasah berupaya untuk memaksimalkan pemanfaatan Video Conference.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post