Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web

MATSAMAJO BERANI BELAJAR ( MTsN 5 JOMBANG BERSAMA PENGAWAS PENDAIS KEMENAG JOMBANG)

Tantangan Hari ke-89

21 Juli  2020

Tantangan Gurusiana # Tantangan Menulis Hari ke-89

 

MATSAMAJO BERANI BELAJAR ( MTsN 5 JOMBANG BERSAMA PENGAWAS PENDAIS KEMENAG JOMBANG)

 

            MTsN 5 Jombang merupakan sebuah madrasah yang berada di ujung utara Sungai Brantas. Letak geografis yang jauh dari perkotaan tak menyurutkan untuk selalu berkembang dalam meraih kemajuan.

            Senin, (20 Juli 2020) kemarin, salah satu bukti nyata dalam upaya peningkatan kualitas tersebut. Pagi hari, kepala madrasah, Drs. Purnomo,M.Pd.I menyampaikan informasi tentang kehadiran pengawas Pendais Kemenag Kabupaten Jombang, H. Agus Pramukantoro, S.Pd.,M.Pd.I,  dan H. Fatoni, M.Pd.I di MTsN 5 Jombang dalam rangka pembinaan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran E-Learning. Para guru menanggapinya dengan respon positif. Segala hal yang akan dievaluasi dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Segenap tim unsur pimpinan pun segera berkoordinasi. Terutama PKM Kurikulum yang dikomando oleh Zuliatin Nafisah,S.Pd., dan ahli IT madrasah, Widya Effendi,ST. Kedua orang ini sangat berperan dalam mendampingi para guru untuk memahami segala hal pelaksanaan pembelajaran terkait dengan pembelajaran dalam  pemanfaatan IT. Dewan guru pun segera menyiapkan hal –hal yang akan dievaluasi oleh tim pengawas tersebut.

            Kegiatan pertemuan berada di ruang CBT. Acara dibuka oleh kepala MTsN 5 Jombang. Beliau mengenalkan tim tersebut. Selanjutnya memberikan motivasi kepada para guru terkait dengan kehadiran mereka. Dengan didampingi kepala madrasah, kedua pengawas memberikan pengantar tentang pentingnya pelaksanaan pembelajaran E-Learning. Sesi inti ialah monitoring dan evaluasi setiap guru yang hadir. Setiap guru menunjukkan data yang dimilikinya berdasarkan pemanfaatan E-Learning. Mulai daftar hadir, template soal, aktivitas pembelajaran, nilai siswa, bahan ajar, hingga tanya jawab cara guru berkomunikasi dalam pembelajaran tersebut.

            Para guru sangat antusias dalam melaporkan data yang dimilikinya. Ada yang sudah bisa mengaplikasikan dengan baik, ada juga yang memang masih banyak belajar. Yang sudah memahami tak segan untuk mendampingi guru lain yang masih belum paham. Sebuah suasana pembelajaran yang sarat dengan keberanian dalam belajar.

            Acara yang dimulai pukul  sepuluh tersebut seolah terasa singkat karena waktu sudah menunjukkan pukul dua. Sementara masih banyak yang harus dipelajari dengan lebih banyak. Untuk itu H. Agus memberikan motivasi kepada para guru untuk melanjutkan keaktifananya dalam mendampingi para siswa untuk belajar daring. Menurutnya para guru sebaiknya berusaha memberikan bahan ajar dengan performansi yang dimilikinya agar para siswa bisa lebih akrab  dan mudah dalam memahami materin yang diberikan. Terutama unsur vokal. Para guru bisa memanfaatkan rekaman atau video dirinya sendiri.

            Selanjutnya H. Fatoni juga menyampaikan bahwa guru harus bersemangat untuk selalu menambah ilmu. Mereka harus berusaha mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya. Selanjutnya acara pun ditutup dengan bacaan hamdalah.

            Demikianlah kegiatan MTsN 5 Jombang. Di sela kegiatan pembelajaran daring dan Work For Home, masih mengagendakan untuk belajar bersama dengan pengawas Pendais Kemenag Jombang. Sukses Matsamajo. Bersama kita bisa menuju madrasah hebat bermartabat.(AZ)

           

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post