Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web

BELAJAR PUBLIC SPEAKER

Tantangan Hari ke-87

19 Juli 2020

Tantangan Gurusiana # Tantangan Menulis Hari ke-87

BELAJAR PUBLIC SPEAKER

Berbagai kegiatan pelatihan daring diadakan oleh berbagai pihak selama masa pandemi. Menyempatkan mengais ilmu pada masa ini merupakan sebuah tantangan bagi guru. Salah satu agenda pelatihan yang ada ialah Pelatihan Public Speaking Khusus untuk Guru, yang diadakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya pada tanggal 18-19 Juli 2020. Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 hingga selesai.

Topik yang ditampilkan pada poster sangat menarik, yaitu pengenalan Public Speaking, Pembuatan dan penyusunan konten public Speaking, teknik presentasi yang efektif, dan persiapan menjadi personal publc Speaker.Narasumbernya sangat berkelas. Dia adalah Sekjen II Perhumas Surabaya, Ibu Andri Suryandari,S.Sos. M.Med.Kom. Pendaftarannya secara gratismemalui WA dan link yang sudah ditentukan. Membaca pengumuman ini, penulis sangat tertarik dan ikut mendaftarkan diri juga. Ternyata peminatnya luar biasa. Pendaftar yang lebih awal pun bisa mengikkuti sesuai jadwal. Bersyukur penulis masuk pada batch pertama. Menurut panitia, pelatihan akan dibuka lagi usai batch pertama karena peminat yang semakin banyak.

Sebelum materi, peserta diminta mengisi pre-test. Soalnya terkait dengan materi yang akan diberikan oleh pemateri. Hari pertama, Sabtu, 18 Juli 2020 sangat lancar. Materi sesuai dengan rencana. Seluruh peserta merasa puas. Penjelasan yang diberikan oleh narasumber sangat memuaskan peserta. Pertanyaan para peserta sangat teknis. Namun Bu Andri menjawabnya dengan sangat jelas dan memuaskan. Di akhir presentasi, pemateri memberikan tugas mengirimkan konten public speaker. Tugas itu wajib dikirimkan ke emailnya.

Hari kedua, Minggu, 19 Juli 2020, materi semakin menarik karena mengarah pada tekniknya. Pemateri memberikan ilmu bukan hanya sekadar teori. Namun juga trik-trik praktis yang sangat bermanfaat bagi para guru, mulai persiapan, pelaksanaan, hingga penutup. Misalnya saat teknik vokal, beliau memberikan contoh tentang intonasi yang benar, stressing kata, volume, tempo, artikulasi, dan pelafalan. Demikian halnya saat materi teknik diafragma. Pemateri memberikan contoh warna suara asli dan suara saat menggunakan teknik diafragma. Teknik olah vokal tiup lilin juga diberikan. Beliau menyampaikan bahwa latihan vokal dpata dilakukan dengan tiup lilin yang menyala dengan jarak satu meter, berulang-ulang minimal sepuluh kali. Kemudian menarik nafas sedalam-dalamnya lewat hidung, mengeluarkan lewat mulut pelan-pelan.

.

Yang sangat menarik ialah pemateri sangat luar biasa dalam memotivasi para guru untuk mengajar dengan lebih baik. Karena itu saat sesi tanya jawab, peserta sangat antusias untuk bertanya. Semua pertanyaan dijawab dengan wajah ceria dan semangat oleh Bu Andri, selaku pemateri. Hingga tak terasa, waktu pelatihan sudah berakhir. Pukul setengah satu siang. Acara ditutup. Semua peserta merasa puas karena mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan mereka siap untuk mengaplikasikan dalam pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post