Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web

ICEBREAKING FOKUS

ICE BREAKING FOKUS

Dalam pembelajaran diperlukan sikap fokus. Tujuannya agar para siswa bisa konsentrasi terhadap penyampaian informasi. Salah satu solusi untuk mendapatkan sikap fokus ialah dengan icebreaking. Sebuah metode pencairan suasana. Salah satu tekniknya dengan memanggil nama siswa yang kita anggap belum fokus.

Saya biasanya melakukan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Misalnya pada saat pembacaan materi. Setiap siswa saya arahkan untuk kegiatan baca-simak. Salah seorang siswa saya suruh membaca. Siswa lain menyimak. Lalu saya memanggil nama salah seorang siswa untuk melanjutkan. Apabila dia mengetahui sampai mana materi yang dibacanya tidak menjadi masalah karena dia telah fokus terhadap simakannya itu. Namun saat siswa yang saya tunjuk tidak mengetahuinya. Saya pun menyuruhnya maju dan berdiri di dekat saya. Ini sebagai pembelajaran untuk bisa fokus.

Walaupun posisinya berada di depan, saya masih memberikan kesempatan untuk mrnyimak lagi. Apabila sudah bisa fokus saya pun mempersilakan duduk kembali.

Demikianlah yang saya lakukan. Dengan hal seperti ini sikap fokus siswa bisa ditingkatkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post