Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
LABU EXOTIC 1
Pembenihan Labu exotic

LABU EXOTIC 1

LABU EXOTIC 1

Sejak menjalin dengan Mas Bagas, suamiku semakin bersemangat untuk bertani lagi. Paketan labu buah yang dikirim Mas Bagas berhasil mengeksplor jiwa bertani yang sekian lama terpendam. Mulailah dia berkonsultasi dengannya mulai dari pembenihan, penanaman, dan pengolahan, hingga perawatan.

Dengan tekad bulat dan berbagai pertimbangan kebun belakang rumah siap untuk disulap. Daripada dibiarkan tak menghasilkan, lebih baik diperdayakan. Daripada harus selalu membersihkan tanpa hasil lebih baik dimanfaatkan untuk bertanam dengan harapan berhasil.

Mulailah penebangan pohon. Kebun yang sebelumnya rimbun. Kini menjadi sangat terang karena panas matahari yang langsung menyinari rumah tanpa halangan. Lalu dilanjutkan dengan pengolahan tanah. Dengan dibantu petani tanah pun dibajak dengan traktor. Mengingat persediaan air yang terbatas, pengeboran air pun di lakukan. Setelah ditemukan titik mata air. Dipasanglah pompa air. Setelah itu memancarlah air dengan derasnya dan siap mengairi lahan baru.

Sebelum ditanami benih, PH tanah pun diukur untuk mengetahui tingkat keasamannya. Dengan alat ukur

diketahui bahwa tanah kebun memiliki PH 6. Ini berarti berada pada kondisi normal karena berada pada kisaran mendekati terbaik. Bahwa pada kondisi terbaik memiliki PH 6.5 hingga 7.5. Tanah dengan tingkat PH yang netral memungkinkan untuk tersedianya berbagai unsur kimiawi tanah yang seimbang.

Sementara proses pembibitan. Lahan pun disiapkan. Pembedengan dibuat.

Dengan hasil yang demikian, suami saya semakin bersemangat. Benih labu mulai dibibitkan. Setelah muncul kecambah, proses pembibitan dilanjutkan dengan pemindahan bibit ke polibag ukuran kecil yang sudah terisi tanah olahan.

Setelah tiga hari, bibit pun dipindahkan ke lahan asli yang sudah disiapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wooo...pemanfaayan lahan yang luar biasa Bund..senangnya. Kami sudah tak ada lahan. Bunga pun memakai pot..Selamat bercocok tanam. Barakallah Bund..

26 May
Balas

Amin... Mksh Bund. Doa yang sama buat Bunda.

26 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali