Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
BERMIMPI DAN YAKINLAH
Buku Perdana

BERMIMPI DAN YAKINLAH

10 Januari 2019

BERMIMPI DAN YAKINLAH

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa selain membaca, menyimak, dan berbicara. Keempatnya saling berhubungan. Namun menulislah yang menjadi keterampilan berbahasa tertinggi. Karena itu tidak salah bila ada yang menganggap bahwa menulis itu sulit. Alasan klasik inilah yang akhirnya bisa menjauhkan seseorang dari aktivitas menulis.

Antara membaca dan menulis merupakan dua hal yang saling melengkapi. Ungkapan banyak membaca banyak menulis merupakan hal yang bisa berterima. Hal ini telah saya buktikan bahwa karena telah membaca dari berbagai tulisan motivasi dari penulis senior, saya pun menuliskan sesuatu yang saya dapatkan dari teori mereka. Misalnya tulisan Bapak Khoiri, Musfiqon, Tengsoe, Catur, dan masih banyak yang lain.

Dengan membaca karya mereka, saya memiliki motivasi yang kuat untuk menulis. Berbagai dasar pemikiran, ungkapan dan kata bijak tentang menulis telah membangun kekuatan dalam diri saya untuk menulis. Saya pun menulis sesuai dengan keinginan dan ide apa adanya. Namun tulisan saya sekadar sebagai pemenuhan hasrat hati saja karena hanya saya produksi dan konsumsi sendiri.

Suatu saat di madrasah ada agenda diklat menulis. Bersyukur sekali karena kehadiran para penulis senior sangat berarti. Semangat pun kembali tumbuh. Walaupun informasi saat itu tentang kepenulisan PTK dan pembelajaran.

Suatu saat saya sempat berandai-andai untuk bertemu dengan sosok penulis yang bisa membimbing saya. Mimpi itu begitu cepat menjadi kenyataan. Saya sempat bertemu dengan mereka dalam forum ilmiah seperti yang saya harapkan. Dari sinilah mulai muncul keberanian dan rasa percaya diri untuk mempublikasikan karya pribadi.

Dokumen tulisan yang sudah ada saya kumpulkan. Lalu saya jadikan sebuah buku.

" Menulislah untuk sebuah perubahan.Setiap kata adalah awal kesuksesan. Berkarya diawali dari mencoba" (Musfiqon). Tidak ada sekolah menulis, yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis"(Pepih Nugraha).Kalimat - kalimat inilah membuat saya lebih hidup sehingga saya bertekad harus berubah untuk move on menulis. Akhirnya lahirlah buku perdana saya yang berjudul "Move On Menulis."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali